Evaluasi dan Laporan Tahunan BUMDes Jendela Usaha Desa Sungai Pancang

Link Penting

Polling

Apakah Website ini Bermanfaat?

desasung

Di dalam kegiatan pelaporan pertanggung jawaban BUMDes atau biasa kita sebut sebagai LPJ BUMDes yang merupakan pelaporan atas seluruh kegiatan yang telah dilakukan BUMDes.

Laporan Pertanggungjawaban BUMDes ini disusun atau dibuat oleh ketua, sekertaris dan bendahara. Item dari pada pelaporan yang harus dimasukkan ke dalam LPJ BUMDes oleh ketua berupa seluruh kegiatan mulai dari program kerja, pemilihan ketua pelaksana, serta kendala dan saran selama kegiatan.

Pelaporan yang harus dibuat oleh bendahara keuangan adalah pelaporan seluruh keuangan mulai dari sumber dana, tambahan dana yang diperoleh, rincian pengeluaran dana anggaran yang digunakan, dan yang paling penting adalah bukti pembayaran pengeluaran.

Kegiatan di dalam menyusun LPJ BUMDes ini sangatlah penting dilakukan karena LPJ BUMDes ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian dari pada BUMDes sehinga dapat mengevaluasi selama satu periode berjalan.

Mengapa LPJ BUMDes menjadi sangat penting? Karena tujuan dari pada pembuatan LPJ BUMDes adalah untuk:

  1. Sebagai pengukur kemampuan serta untuk mempertanggung jawabkan hasil kerja pelaksana;
  2. Menjelaskan secara rinci kronologis kegiatan, pra kegiatan, saat pelaksanaan dan akhir pelaksanaan;
  3. Mengetahui kendala-kendala serta kekurangan-kekurangan yang dihadapi oleh pelaksana;
  4. Menjadi masukan atau saran untuk pelaksana kegiatan berikutnya agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan serta tidak mengulangi kesalahan, kekurangan yang pernah dilakukan;
  5. Mempertangggung jawabkan keuangan kegiatan sehingga dana masuk dan keluar dapat diketahui secara rinci.

Dalam pemaparan berjalannya kegiatan BUMDes oleh Saudara Saif selaku ketua kepada masyarakat desa sungai pancang yang berkesempatan hadir dan kepada kepala desa dan ketua BPD, saudara Saif menyampaikan pencapaian kegiatan BUMDes selama setahun. Tidak hanya menyampaikan tentang pencapaian, pemuda yang akrab disapa Ahong ini juga mengutarakan beberapa kendala pada perjalanan dan pada internal kepengurusan BUMDes selama setahun ini. Tanggapan pun datang dari warga desa sungai pancang yang menganggap bahwa BUMDes ini sudah baik karena pengurus BUMDes memberikan pemaparan keuangan secara rinci. Begitu pula tanggapan Kades Sungai Pancang yang mengapresiasi BUMDes Jendela Usaha Sungai Pancang ini dalam perjalanannya selama setahun ini.

Perlu diketahui BUMDes Jendela Usaha Sungai Pancang ini begerak dibidang Nelayan, dimana untuk bergerak dalam usaha tersebut dibutuhkan tenaga dan kepercayaan yang baik kepada anggota pengelolaan. Dalam Musyawarah Desa ini warga, Kades dan BPD senada untuk mengalihkan usaha BUMDes Jendela Usaha ke Usaha yang hanya dalam skala kecil, kegiatannya terlihat langsung di masyarakat dan memiliki penghasilan perhari yang meskipun kecil tapi berjalan lancar, ujar salah satu warga desa sungai pancang.

Adapun kesimpulan dalam Musyawarah Desa tersebut adalah :

  1. Mengevaluasi kinerja anggota yang tergabung dalam kepenurusan lama,
  2. Mengevaluasi Usaha yang sudah berjalan,
  3. Mengevaluasi pengawasan terhadap usaha yang telah berjalan,
  4. Perlu adanya penyegaran dalam kubu pengurus BUMDes Jendela Usaha.

 

Buku Tamu

Kategori

Chat Admin