PENYALURAN BLT-DD SUNGAI PANCANG

Link Penting

Polling

Apakah Website ini Bermanfaat?

desasung

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Pertama telah mulai disalurkan ke 143 Kepala Keluarga penerima pada hari Senin 11 Mei 2020 oleh pemerintah desa sungai pancang. Proses penyaluran dimulai dengan penyerahan secara simbolis oleh Camat Sebatik Utara kepada salah satu penerima BLT-DD dari RT.002 yang disaksikan langsung oleh para tamu undangan yang terdiri dari para Ketua RT, Dusun, BPD, Staf Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Sungai Pancang.

Setelah acara Ceremonial pemberian BLT-DD secara simbolis di balai desa, Kepala desa Sungai Pancang Kaharuddin, S.IP beserta Perangkat Desa Sungai Pancang yang didampingi oleh BABINSA juga BABINKAMTIBMAS membagikan BLT-DD secara langsung melalui skema door to door ke rumah warga penerima. Skema door to door ini dilakukan untuk menghindari kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sesuai dengan arahan Kemendasa PDTT bahwa penerima BLT-DD ini adalah mereka yang belum mendapatkan PKH, BPNT, Kartu Pra-Kerja, BST, dan bantuan sosial lainnya. Maka dari itu dalam proses sebelum ditetapkannya kepala keluarga penerima BLT-DD ini dalam Musyawarah Desa Khusus, Tim pendataan keluarga penerima BLT-DD menyaring penerima dengan begitu berhati-hati dan sangat memakan waktu karena banyaknya warga yang berada di Desa Sungai Pancang ini. Ketakutan ada tumpang tindih data KK yang sudah menerima PKH, BPNT, BST dan sumbangan sosial lain dari pemerintah. “Disini kita ingin mengcover masyarakat miskin yang belum masuk dalam penerima bantuan sosial dari pemerintah. Makanya tahap pendataan desa sungai pancang ini mengalami dua kali tahap verifikasi dimana yang awalnya data penerima BLT-DD ini berjumlah 155 KK tapi dengan adanya bantuan BST sehari sebelum tanggal yang telah direncanakan untuk penyaluran BLT-DD maka kami verifikasi ulang lagi menjadi hanya 130 KK penerima BLT-DD karena adanya data KK yang ganda (Maksudnya, masuk dalam penerima BLT-DD dan juga penerima BST), setelah mendelete data yang ganda tadi tim kami kembali lagi memasukkan data baru untuk menggantikan yang telah dihapus tadi dan didapatlah hasil akhir yang disepakati menjadi 143 kepala keluarga penerima.” kata Kaharuddin, S.IP dalam Musyawarah Desa Khusus.

Kepala Desa Sungai Pancang saat penyerahan secara simbolis di balai desa menyampaikan dengan adanya BLT DD ini semoga dapat mengcover orang-orang dengan kategori kurang mampu ditengah Pandemi Covid-19 ini dan terlebih lagi untuk saat bulan Ramadan. Disampaikan juga oleh kepala desa muda ini bahwa BLT-DD tahap kedua rencananya akan disalurkan kembali H-3 Idul Fitri, bertujuan untuk dapat membantu keluarga penerima dalam mempersiapkan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Sementara, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sungai Pancang Sulaiman Deru berterimakasih kepada kepala desa dan Tim yang telah bekerja keras untuk pendataan dan memverifikasi kelayakan warga penerima BLT-DD sehingga dapat tersalurkan dan semoga lebih bermanfaat kepada warga yang lebih berhak menerima. Aamiin.

 

Buku Tamu

Kategori

Chat Admin